PPID
| : :

Dibuka! Survei Pelayanan Informasi Publik Periode 1 Tahun 2019

Yth. Pengguna Layanan Informasi Publik

Kementerian Perdagangan

Survei Indeks Kepuasan Masyarakat akan menilai pelayanan informasi yang diberikan oleh Biro Humas, yang merupakan salah satu bagian dari pelayanan publik non-perizinan di Kementerian Perdagangan. Survei terdiri dari 5 (lima) bagian dan hanya memerlukan waktu sekitar 6 menit untuk melengkapinya. Survei berlangsung sampai dengan akhir bulan Mei 2019.
Mohon partisipasi Bapak/Ibu untuk memberikan masukan, saran serta kritik yang bermanfaat bagi pengembangan Unit Pelayanan Informasi Publik di Kementerian Perdagangan.
Dapat kami informasikan, bagi responden terpilih yang memberikan kritik/saran/masukan yang membangun bagi Kemendag serta telah menjawab seluruh pertanyaan dengan lengkap akan mendapatkan hadian menarik dari Biro Humas Kemendag.

Survei dapat diakses di Survei Pelayanan Informasi Publik Kementerian Perdagangan Periode 1 Tahun 2019.


Terima kasih

2019-03-25

 


Rapat Penyusunan SOP Pelayanan Informasi Publik

Jakarta - PPID Kementerian Perdagangan melaksanakan Rapat Penyusunan SOP Pelayanan Informasi Publik di Jakarta, Jumat (14/06).

Rapat bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik Kemendag melalui penyusunanan konsep SOP makro dan mikro pelayanan publik Kemendag.


2019-06-14

 


Rapat Pembahasan SOP Makro Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Jakarta - Dalam rangka pengelolaan pengaduan di Kementerian Perdagangan, PPID Kemendag mengikuti Rapat Pembahasan SOP Makro Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, Rabu (26/06).

Rapat ini dilatarbelakangi oleh surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor B/87/M.PP03/2019 tentang Tindak Lanjut Pemantauan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Berdasarkan Platform Nasional Aplikasi LAPOR.


2019-06-26

 


Kunjungan Kerja Kepala PPID Kementerian Perdagangan ke PPID Pemprov Riau

Pekanbaru -  Kepala Biro Hubungan Masyarakat selaku Kepala PPID Kementerian Perdagangan melakukan kunjungan kerja ke PPID Pemprov Riau, Kamis (27/09).

Kunjungan ini dilakukan untuk menggali praktik dan aspek terbaik dalam pelayanan informasi publik di PPID Provinsi Riau.

Pertemuan dilakukan dengan Sekretaris Diskominfo dan Statistik Lili Irianti dan Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur e-Government Hasmuri Hasan di Kantor Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Riau.



2019-06-27

 


Dibuka! Survei Pelayanan Informasi Publik Periode 2 Tahun 2019

Yth. Pengguna Layanan Informasi Publik Kementerian Perdagangan

Survei Indeks Kepuasan Masyarakat akan menilai pelayanan informasi yang diberikan oleh Biro Humas, yang merupakan salah satu bagian dari pelayanan publik non-perizinan di Kementerian Perdagangan. Survei terdiri dari 5 (lima) bagian dan hanya memerlukan waktu sekitar 6 menit untuk melengkapinya. Survei berlangsung sampai dengan akhir bulan Oktober 2019.
Mohon partisipasi Bapak/Ibu untuk memberikan masukan, saran serta kritik yang bermanfaat bagi pengembangan Unit Pelayanan Informasi Publik di Kementerian Perdagangan.
Dapat kami informasikan, bagi responden terpilih yang memberikan kritik/saran/masukan yang membangun bagi Kemendag serta telah menjawab seluruh pertanyaan dengan lengkap akan mendapatkan hadian menarik dari Biro Humas Kemendag.

Survei dapat diakses di Survei Pelayanan Informasi Publik Kementerian Perdagangan Periode 2 Tahun 2019.


Terima kasih

2019-07-08

 


Instagram PPID Kementerian Perdagangan @PPIDKemendag Resmi Diluncurkan!

Instagram PPID Kemendag telah resmi diluncurkan di Forum Komunikasi Informasi Publik Kementerian Perdagangan pada Selasa, 6 Agustus 2019 lalu.

Forum yang mengusung tema "Literasi Digital di Era Keterbukaan Informasi Publik" ini dibuka oleh Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan, Fajarini Puntodewi dan dihadiri oleh perwakilan pejabat dan staf Kementerian Perdagangan yang menangani informasi publik dan media sosial.

Pada kesempatan tersebut, kami juga mengundang Bapak Indriyatno Banyumurti dari SiBerkreasi untuk berbagi ilmu mengenai literasi digital dan media sosial untuk pemerintah.

Hadirnya media sosial PPID Kemendag diharapkan menjadi jembatan antara Kementerian Perdagangan dengan publik untuk memperoleh informasi dengan mudah dan cepat.

#SalamTransparansi

2019-08-06

 


Kementerian Perdagangan gelar Forum Komunikasi Informasi Publik di Yogyakarta

Kementerian Perdagangan menyelengarakan Forum Komunikasi Informasi Publik di Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta, Kamis (29/08). Forum dibuka oleh Kepala Biro Humas Kemendag, Fajarini Puntodewi dan dihadiri oleh 50 orang peserta dari seluruh perwakilan unit Eselon 1 di Kemendag.

Pada kesempatan tersebut, Fajarini menyampaikan bahwa di era keterbukaan informasi publik, ketersediaan informasi dan kesigapan memenuhi permohonan publik merupakan kunci utama dalam pelayanan informasi publik. Kemendag harus menyampaikannya informasi secara cepat dan akurat.

Tujuan pelaksanaan forum untuk memberikan pemahaman mengenai klasifikasi informasi publik dan untuk menyusun pemutakhiran Daftar Informasi Publik Kementerian Perdagangan Tahun 2019.

Narasumber pada forum tersebut adalah Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana yang menyampaikan materi Klasifikasi Informasi Publik dan Kabag di Biro Hukum Kemendag, Naufi Ahmad Naufal yang menyampaikan materi Antisipasi Sengketa Informasi.

Tindaklanjut dari forum komunikasi Informasi Publik adalah pelaksanaan uji konsekuensi untuk menyusun Daftar Informasi Publik yang Dikecualikan sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

2019-08-29

 


Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019

PPID Kementerian Perdagangan menyelenggarakan rapat koordinasi dengan seluruh unit di Kemendag dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019, Rabu (4/9)

2019-09-04

 


PPID Kementerian Perdagangan ikuti Digital Communication Forum

Perwakilan PPID Kementerian Perdagangan berkesempatan mengikuti Digital Communication Forum yang diselenggarakan oleh Babe di salah satu hotel di Jakarta, Kamis (5/9). Babe adalah sebuah platform agregator berita anak negeri yang memanfaatkan kecerdasan buatan dan dikombinasikan dengan manusia untuk mereview berita-berita yang masuk ke dalam portal Babe. Materi yang disampaikan antara lain tentang pentingnya komunikasi publik menggunakan media sosial, memanfaatkan alat analisa untuk mengolah pesan yang efektif, startegi mengelola media sosial, internet dan ekosistem komunikasi publik, dan tantangan PR di era 4.1.

2019-09-05