PPID
| : :

Registrasi Pemohon Informasi

Formulir ini digunakan untuk registrasi pemohon. Dengan mendaftar di Sistem Informasi PPID, pemohon mendapatkan kemudahan dalam mengajukan permohonan informasi maupun pengajuan keberatan secara online. Pemohon dinyatakan berhasil mendaftar apabila telah memenuhi semua kelengkapan yang dibutuhkan dan mendapatkan email komfirmasi dari pengelola Sistem Informasi PPID.

Pilih tipe pemohon sesuai dengan data yang Anda miliki, apakah perorangan, kelompok orang, atau badan hukum.

Pilih jenis identitas sesuai dengan data yang Anda miliki.

Isikan nomor dari jenis identitas yang Anda pilih, contoh: 3371010803800003.

Max 3MB, tipe file .jpg .png .jpeg

Isikan tujuan penggunaan informasi.

Isikan nama lengkap Anda, contoh: Adam Prabowo.

Isikan email Anda, contoh: adam@gmail.com. Email digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi PPID Kementerian Perdagangan.

Isikan pekerjaan seperti yang tertera pada tanda pengenal Anda, contoh: wiraswasta.


Isikan alamat seperti yang tertera pada tanda pengenal Anda, contoh: Jl. Kalibaru No.4 RT/RW 001/003 Desa/Kel Tugu, Kab/Kota Jakarta Barat.

Isikan nomor telepon rumah atau nomor telepon genggam Anda dan pastikan aktif sehingga kami dapat menghubungi Anda, contoh: 083829044561.

Isikan nomor fax Anda, contoh: 0213345789.



Isikan password untuk menggunakan aplikasi PPID Kementerian Perdagangan dengan minimal 6 karakter, contoh: Fulan777.


  1. Umum
    Dengan mengakses layananini, pengguna setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan, semua peraturan perundang-undangan. Pengguna setuju untuk bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pengguna wajib membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Penggunaan sebelum mengakses layananini. Bila Pengguna tidak menyetujui prasyarat penggunaan, sebaiknya Pengguna tidak meneruskan ke langkah berikutnya.
  2. Modifikasi Syarat dan Ketentuan
    Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kementerian Keuangan) dapat merevisi Syarat dan Ketentuan Penggunaan untuk layanan ini setiap saat tanpa pemberitahuan. Oleh sebab itu diharapkan Pengguna mengikuti perkembangannya secara periodik.
  3. Hukum
    Setiap klaim yang berkaitan dengan aplikasi layanan ini terikat oleh peraturan perundang-undangan di Negara Republik Indonesia.
  4. Revisi dan Kesalahan
    Materi yang muncul di layanan ini dapat memiliki kesalahan teknis atau kesalahan ketik. Kementerian Keuangan dapat membuat perubahan materi yang terkandung di layanan setiap saat tanpa adanya pemberitahuan.
  5. Jaminan Sajian
    Aplikasi layanan ini disediakan untuk kemudahan pemohon informasi publik. Untuk itu Kami berusaha menyajikan seluruh informasi (teks, grafis dan seluruh atribut yang ada) dengan sebaik-baiknya. Namun Kami tidak dapat menjamin bahwa informasi yang kami sajikan dapat memenuhi keinginan seluruh pengguna layanan ini.
  6. Hak cipta
    Isi keseluruhan (teks, grafis dan seluruh atribut yang ada) pada layanan ini adalah karya cipta dan milik Kementerian Keuangan yang dilindungi hukum. Segala bentuk penggunaan material yang bersifat komersial harus seizin Kementerian Keuangan. Segala tindakan yang dengan sengaja mengakibatkan rusaknya data, program, informasi dan hal-hal yang berkaitan dengan itu, dianggap sebagai perbuatan melanggar hukum.
  7. Virus
    Dampak dari perkembangan teknologi informasi adalah timbulnya virus komputer baru di Internet, maka Kami memperingatkan Pengguna tentang bahaya yang ditimbulkan oleh virus tersebut terhadap sistem Pengguna. Merupakan tanggung jawab Pengguna untuk mendeteksi semua materi yang diunduh melalui Internet. Kami tidak bertanggung jawab terhadap segala bahaya atau kerusakan yang ditimbulkan oleh virus tersebut.
  8. Keamanan Transmisi
    Penggunaan Internet dan e-mail tidaklah bersifat rahasia karena terdapat kemungkinan informasi yang dikirimkan kepada Kami terbaca atau digunakan oleh pihak lain. Untuk melindungi rahasia Pengguna, sebaiknya e-mail yang dikirimkan tidak berisi informasi yang bersifat rahasia dan menyangkut hal pribadi.
  9. Link ke Layanan Lain
    Layanan ini menyediakan beberapa link untuk memudahkan Pengguna melihat informasi yang berhubungan dengan situs lain. Kami tidak melakukan pemeliharaan dan kontrol terhadap para organisasi pemilik layanan atau para organisasi penyedia informasi tersebut. Oleh karena itu informasi yang tersaji tersebut berada di luar tanggung jawab kami.
  10. E-mail
    E-mail merupakan alat komunikasi yang penting bagi pengunjung layanan Kami. Kami menggunakan e-mail semata-mata untuk tujuan korespondensi dan komunikasi dengan Pengguna. Kami menggunakan alamat e-mail Pengguna untuk registrasi pemohon, penyampaian tanggapan, pemberitahuan tertulis, dan mengirimkan informasi yang dimohonkan.
  11. Terminasi Akses
    Kami berhak untuk menghentikan akses pengguna atas layanan ini apabila ada hal-hal yang bersifat melanggar hukum.

Saya telah membaca dan menyetujui Prasyarat Pengguna di atas.